Akar Wangi, Pesona Keharuman dari Timur Gunungkidul

Produk-produk IKM Sekar Alam

Akar wangi, salah satu produk unggulan dari Desa Semin Kecamatan Semin ini selain untuk pewangi ruangan dan pengusir ngengat juga dapat digunakan sebagai hiasan rumah. Desa Semin memang merupakan sentra kerajinan akar wangi di Kabupaten Gunungkidul.

Di daerah tersebut terdapat beberapa pengrajin industri kecil yang menekuni usaha kerajinan akar wangi ini. Salah satu pengrajin IKM akar wangi di Desa Semin adalah Ibu Parinem. Ibu ini telah menekuni usaha kerajinan akar wangi ini sejak tahun 1990.

Pada awal usaha, masyarakat Desa Semin masih giat menanam tanaman akar wangi sebagai bahan baku kerajinan akar wangi ini, namun seiring berjalannya waktu semakin sedikit lahan yang ditanami tanaman akar wangi, sehingga bahan baku menjadi sulit didapatkan di Gunungkidul.

Meskipun bergulat masalah bahan baku, namun ternyata Ibu Parinem rutin mengirimkan produk kerajinan akar wanginya ke daerah Lampung dan Surabaya. Produk kerajinan yang dihasilkan berupa hiasan berbentuk miniatur hewan, ada yang berfungsi sebagai vas bunga, tempat pensil, gantungan kunci, dan sebagainya.

Untuk memenuhi kebutuhan bahan bakunya, Ibu Parinem mendatangkan akar wangi dari daerah Garut Jawa Barat. Dari 1 kg akar wangi basah yang didatangkan dari Garut Jawa Barat dan Wonogiri Jawa Tengah didapatkan 2 ons akar wangi kering yang siap diproduksi, dimana harga akar wangi basah per kg adalah Rp. 40.000,-.

Ia berharap agar bahan baku dapat mudah diperoleh lagi, sehingga diharapkan masyarakat Gunungkidul bersedia menanam tanaman akar wangi kembali agar memudahkan para pengrajin akar wangi untuk mendapatkan bahan baku. (*)

Leave A Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Shopping Cart 0

No products in the cart.